Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Gusi Merah

Penyebab Gusi Merah, untuk anda yang mempunyai gusi merah mungkin tidak nyaman dengan keadaan ini yang menjadi pertanyaan apa penyebab gusi merah?

Gusi Merah


1. Gusi merah karena sariawan
Yaitu kelainan kulit mukosa dari mulut yang berhubungan dengan infeksi jamur, kelemahan mukosa. Bisa disebabkan karena kurangnya vitamin A, B, C (khususnya), dan E, gizi kurang, kebersihan rongga mulut yang tidak terjaga atau alergi kronis yang tidak diatasi dengan baik sehingga terjadi infeksi sekunder oleh mikroorganime akibat daya tahan tubuh yang menurun, stres dan kekeringan pada mulut juga dapat mempermudah terjadinya sariawan.
Cara mengatasinya tentu disesuaikan dengan penyebabnya, seperti memberikan asupan gizi seimbang, menjaga kebersihan rongga mulut dan pengobatan oleh dokter.
2. Gusi merah karena alergi
Merupakan keadaan yang menahun (chronic). Oleh karena itu jika si kecil mengalami alergi pasti gusinya akan merah dan akan muncul secara berulang. Kebanyakan tidak disertai panas.
Dari lokasi munculnya – sekitar rongga mulut – berarti si kecil mengalami alergi kontak bukan alergi umum, dimana kelainan yang muncul luas dan tidak terbatas hanya di rongga mulut.
Cara mengatasinya dengan menghindari pencetusnya. Jika pencetusnya tidak mungkin dihindari atau tidak diketahui, maka dilakukan treatment (pengobatan) dengan menggunakan obat-obatan anti alergi. Atau bisa juga dengan memperbaiki sistem imun (kekebalan tubuh) dengan immunomodulator, misalnya; memberikan vitamin dan suplemen yang bisa memperbaiki sistem imun anak.
3. Gusi merah karena infeksi
Adalah suatu keadaan masuknya mikroorganisme ke dalam tubuh. Panas adalah keluhan yang sering dijumpai pada anak yang mengalami infeksi yang disebabkan karena sebagian virus dan kebanyakan bakteri. Namun jika disebabkan oleh jamur atau protozoa seringkali keluhan panas tidak muncul.
Pemeriksaan laboratorium yang diperoleh adalah peningkatan pada jumlah leukosit dan hasil positif CRP (C Reaktif Protein), yang merupakan salah satu petunjuk adanya kerusakan jaringan.
Biasanya dokter akan memberikan terapi disesuaikan dengan penyebabnya. Jika infeksi disebabkan bakteri maka diberikan antibiotik, karena jamur diberi anti jamur, karena protozoa diberikan anti protozoa dan jika disebabkan virus maka diberikan vitamin yang diharapkan bisa memperkuat daya tahan tubuh.
4. Bau mulut
Bau Mulut (halitosis) disebabkan terjadinya infeksi rongga mulut dan pembusukkan sisa makanan. Mikroorganisme akan membusukkan sisa makanan yang berada dalam mulut yang kotor, atau dapat juga berasal dari proses pembusukkan di daerah sekitar rongga mulut seperti daerah sinus, amandel dan adenoid.
5. Tidak nafsu makan
Untuk mengembalikan nafsu makan si kecil tentu harus diketahui faktor penyebabnya terlebih dulu. Karena ada beberapa anak meski mengalami sariawan, nafsu makannya masih baik. Tapi ada juga anak yang tidak sedang terkena sariawan, sulit makan bahkan tidak mau makan.
Anak tidak nafsu makan bisa saja karena bosan dengan menu sehari-hari atau sebab lainnya. Penggunaan vitamin penambah nafsu makan bisa menjadi pilihan. Namun, jika penyebab sebenarnya belum diperiksa dan diatasi, tentu saja mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan tidak banyak manfaatnya. (Sumber: Tabloid Mom & Kiddie)

Bagaimana dengan gusi anda? Ada baiknya anda bawa ke dokter apabila di rasa kondisi dari salah satu organ ditubuh anda tidak sehat. Dengan membaca artikel penyebab gusi merah ini anda bisa mengetahui penyebab gusi anda yang menjadi merah.

gusi merah,gusi anak merah,alergi gusi,penyebab rongga mulut,Penyebab panas pada anak,pengertian anti protozoa,terjadinya infeksi sekunder,tubuh gusi akibat,mulut bau dan gusi merah,mengobati sakit gusi akibat allergi

Post a Comment for "Penyebab Gusi Merah"