Facebook Anak-Anak Jaminan Privasi Messenger Kids

teknologi
Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan kehadiran Messenger Kids di Indonesia. Sesuai namanya, platform media sosial itu menghadirkan aplikasi chatting dan video call ini khusus untuk anak-anak.

Mengingat aplikasi ini ditujukan untuk anak-anak, Facebook pun sudah membekali Messenger Kids dengan sejumlah fitur untuk melindungi keamanan dan privasi data pengguna.

"Kami ingin membantu anak-anak terhubung dengan orang-orang terdekatnya lewat teknologi yang menyenangkan dan tentu saja aman," tutur Director of Product Management Facebook Morgan Brown, Kamis (23/4/2020).

Untuk itu, dalam pengembangan aplikasi ini, Facebook bekerja sama dengan orangtua, organisasi di bidang orangtua dan anak, advokat keamanan dan privasi anak, termasuk pakar perkembangan anak.

Morgan pun mengatakan lewat fitur yang disediakan di Messenger Kids, orangtua tetap dapat memantau aktivitas online yang dilakukan anak-anaknya.

"Para orangtua dapat mengelola dan meninjau aktivitas merek lewat Parent Dashboard di aplikasi Facebook," tutur Morgan menjelaskan.

Lewat akses itu pula, orangtua dapat mengelola kontak yang dapat berhubungan dengan anak-anak mereka, termasuk melihat foto dan video yang dibagikan via Messenger Kids.

"Orangtua juga dapat menghapus atau melaporkan video maupun foto yang dianggap kurang pantas," ucapnya lebih lanjut. Selain itu, orangtua dapat pula mengetahui perangkat yang digunakan anak saat mengakses aplikasi ini.

Selain itu, Morgan mengatakan, orangtua juga dapat mengunduh seluruh informasi dan aktivitas anak-anak di Messenger Kids. Fitur serupa juga sudah hadir di aplikasi Facebook.

Jaminan Privasi Messenger Kids Facebook Jamin Tidak Ada Pengumpulan Data

Untuk Messenger Kids, Facebook menjamin perusahaan tidak menyertakan iklan di dalam aplikasinya. Perusahaan juga tidak akan menggunakan data anak-anak untuk keperluan iklan.

Sebagai tambahan, Facebook turut menyertakan edukasi sederhana bagi anak-anak untuk mengetahui jenis informasi apa saja mengenai mereka yang dapat dilihat orang lain, seperti nama atau foto.

Pengguna Messenger Kids juga akan diberitahu bahwa orangtua dapat melihat dan mengunduh pesan mereka. "Dengan cara ini, mereka akan mendapatkan edukasi cara kerja aplikasi ini," ujar Morgan.

Sumber Liputan6.com

Related Posts of "Facebook Anak-Anak Jaminan Privasi Messenger Kids"

About Us
TERBARUNEWS Merupakan media online yang mempunyai visi “Jangan Kudet Berita dan Informasi Terbaru”. Dengan misi menyediakan informasi terbaru seputar dunia kesehatan politik ekonomi pilihan olahraga teknologi film gaya hidup video hiburan film musik lainnya.

TERBARUNEWS terdiri dari Editor, Kontributor dan Reviewer yang berkompeten di bidang masing-masing dan mempunyai pengalaman lebih dari 2 tahun di dunia kesehatan,politik,ekonomi,pilihan,olahraga,teknologi,film,gaya hidup,video,hiburan,film,musik.
Terpopuler